Cara Melakukan Repotting Tanaman Anggrek

Cara Melakukan Repotting Tanaman Anggrek – Dalam proses penanaman ada yang namanya repotting tanaman anggrek , repotting pada jenis tanaman anggrek ini memang harus di lakukan secara rutin. Biasanya repotting ini baru bisa di lakukan ketika pot tanaman sudah di penuhi dengan akar tanaman, yang dapat mengakibatkan tanaman akan sulit berkembang.

Pengertian repotting anggrek ini sendiri ialah melakukan pemindahan pada tanaman anggrek ke tempat yang lain atau di tempat yang berbeda. Proses repotting ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan biasanya juga sulit di lakukan oleh orang yang tidak berpengalaman.Cara Melakukan Repotting Tanaman Anggrek

Advertisement

Proses repotting ini tidak membutuhkan biaya yang banyak, tetapi repotting bunga anggrek ini hanya membutuhkan keahlian yang cukup banyak. Jika kita tidak ahli dalam melakukan repotting ini, maka sebaiknya kita tidak usah melakukannya. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Melakukan Repotting Tanaman Anggrek

Jika ingin melakukan repotting pada tanaman anggrek, maka kita harus menyesuaikan dengan langkah-langkah yang telah di tentukan sebelumnya. Langkah-langkah yang di maksud tersebut, bisa langsung kita lihat di bawah ini :

Baca Juga: Memilih Bibit Tanaman Hias Berkualitas Unggul

Advertisement
  • Sebelum proses repotting di lakukan, sebaiknya kita harus melakukan penyiraman di sekitar area tanaman anggrek. Penyiraman ini di lakukan agar tanaman anggrek mudah di lepaskan pada pot yang lama.
  • Setelah penyiraman selesai di lakukan, selanjutnya kita dapat mengeluarkan tanaman tersebut dari dalam pot tersebut. Jika kita ingin mengeluarkan tanaman tersebut dari dalam pot yang lama, maka kita harus mengeluarkannya dengan secara hati-hati, agar tidak mudah terjadinya kerusakan.
  • Jika tanaman sudah keluar dari wadah yang lama, maka selanjutnya kita dapat segera memangkas akar-akar tanaman yang terlihat sudah membesar.
  • Setelah akar tersebut di potong atau di pangkas, maka langkah selanjutnya kita harus melakukan penanaman pada tanaman tersebut. Penanaman harus di lakukan di tempat yang berbeda, tempat tersebut seperti lahan yang luas dan lain sebagainya.

Posisi tanaman anggrek dalam pot tanaman

Jika kita melakukan pemindahan pada tanaman anggrek, maka sebaiknya kita melihat posisi tanaman dalam pot. Posisi tanaman yang berada di dalam pot harus benar, agar tanaman dapat berkembang dengan benar nantinya. Posisi tanaman anggrek sebaiknya harus lebih tinggi dari pot tanaman tersebut.

Jika posisi tanaman lebih rendah dari wadah tanaman, maka di khawatirkan tanaman tersebut akan sulit berkembang dengan baik. Pada saat kita meletakkan tanaman dengan posisi yang benar, sebaiknya pada saat itu kita harus meletakkan pupuk kompos dengan cara menekan kebawah hingga memadat.

Jika tanah dan pupuk kompos di rasa telah padat, maka sudah di pastikan tanaman tersebut tidak akan goyang walaupun di terpa oleh angin yang kuat.

Baca juga: Merawat anggrek Dewasa Supaya Cepat Berbunga

Pemberian pupuk kompos ini tidak boleh terlalu banyak juga, karena akan mengakibat tanaman menjadi panas, sehingga dapat menyebabkan kelayuan pada tanaman anggrek tersebut.Sekian tulisan tentang Cara Melakukan Repotting Tanaman Anggrek semoga berguna

Advertisement
Cara Melakukan Repotting Tanaman Anggrek | Penulis | 4.5