Cara Melakukan Persilangan Bunga Euphorbia

Cara melakukan persilangan bunga euphorbia-Pembibitan silang hanya dilakukan bila pembibitan dengan cara lainnya tidak berhasil dilakukan. Pembibitan silang ini biasanya dilakukan dengan cara penyerbukan pada bagian tanaman tertentu.

Teknik penyilangan ini memiliki hasil akhir yang berbeda dengan induk awal nya. Teknik pembibitan silang, memang sangat mudah dilakukan.

Advertisement

Apalagi pada jenis tanaman euphorbia, pembibitan akan sangat mudah dilakukan tetapi pembibitan silang pada tanaman ini tidak boleh di lakukan pada saat musim kemarau.

Karena pada saat musim kemarau, angin banyak berhembus sehingga menyebabkan tanaman tidak bisa mengeluarkan benang sari. Jika ingin melakukan pembibitan silang, anda dapat melakukannya dengan cara berikut ini:Cara Melakukan Persilangan Bunga Euphorbia

Gunakan induk yang sehat dan kuat

Dalam melakukan pembibitan silang, induk yang sehat dan kuat memang harus di terapkan untuk melakukan pembibitan dalam tanaman euphorbia ini. Jika dalam melakukan pembibitan, induk dari tanaman tidak sehat. Maka itu dapat membuat pembibitan menjadi gagal.

Advertisement

Penyilangan dapat dilakukan pada saat sehari tanaman mengeluarkan bunga. Penyilangan pada tanaman euphorbia bisa di gunakan melalui kuas, jenis kuas apapun bisa untuk melakukan penyilangan ini. Kuas ini digunakan untuk mengambil serbuk sari di dalam benang sari.

Serbuk sari sudah menempel di bagian kuas tersebut, maka langkah selanjutnya ialah menempelkan serbuk sari tersebut ke kepala putik.

Pada saat proses penempelan serbuk sari ke kepala putik harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Karena jika tidak dilakukan dengan hati-hati maka serbuk sari yang sudah menempel pada kuas tersebut akan mudah terbang terkena angin.

Lakukan penyerbukan pada waktu yang tepat

Penyerbukan pada tanaman euphorbia ini dapat dilakukan pada waktu pagi hari, karena pada pagi hari bunga-bunga pada tanaman euphorbia baru mulai bermekaran.

Sehingga sangat mudah dilakukannya penyerbukan. Tanda jika penyerbukan berhasil bisa dilihat setelah seminggu dilakukannya penyerbukan.

Jika penyerbukan berhasil, tanda nya bunga pada tanaman menjadi segar kembali. Bunga-bunga pada tanaman bermekaran dengan indah.

Jika tanaman menjadi layu, maka proses penyerbukan tidak berhasil. Setelah semua nya selesai, maka bibit penyilangan sudah bisa di ambil dan harus segera dilakukannya penanaman, agar bibit dari hasil penyilangan tersebut tidak layu.

Advertisement
Cara Melakukan Persilangan Bunga Euphorbia | Penulis | 4.5