Cara Melakukan Pembibitan Bunga Euphorbia

Cara melakukan pembibitan bunga euphorbia-Teknik pembibitan euphorbia harus dikuasai dengan matang. Penguasaan teknik pembibitan merupakan hal yang harus dilakukan dari awal terbentuknya bibit dan sampai akhir tanaman berbunga.

Bukan hanya teknik pembibitan saja yang harus dikuasai. Kita juga harus menguasai proses penanaman tanaman euphorbia dari awal hingga akhir dilakukannya penanaman.

Advertisement

Penguasaan teknik pembibitan, dapat dimulai dari perkembangbiakan melalui biji. Tanaman euphorbia bila di tanam dengan bibit yang berasal dari biji, maka perawatan yang dilakukan tidak lah sulit, tetapi memakan waktu yang cukup lama juga.Cara Melakukan Pembibitan Bunga Euphorbia

Tetapi, jika menanam dengan menggunakan teknik pembibitan batang, maka tanaman euphorbia harus dilakukan perawatan dengan cara khusus. Teknik pembibitan yang dilakukan dengan cara batang ini, tidak akan bisa menyerupai seutuhnya dengan induk tanaman.

Advertisement

Pembibitan dengan biji

Pembibitan menggunakan biji ini sering dilakukan oleh para petani tanaman euphorbia, karena pembibitan menggunakan biji ini terbilang sangat mudah.

Tetapi hanya waktu penanaman nya saja yang membuat tanaman terlihat sulit di tanam. Di bawah ini merupakan hal-hal yang harus dilihat untuk melakukan penanaman menggunakan bibit biji.

Gunakan media campuran sekam bakar dan pasir

Di dalam penanaman yang menggunakan teknik bibit biji ini, biasanya media penanaman harus di campurkan dengan sekam bakar dan pasir.

Perbandingan untuk pencampuran ini biasanya dilakukan sama rata. Campuran sekam bakar dan pasir ini baru dilakukan setelah tanaman  di lakukan penyemaian.

Penyemaian pada bibit biji ini dilakukan dengan cara membuat lubang pada tanah yang telah di sediakan. Lubang yang di buat tidak boleh dalam, karena jika tanaman di tanam di tempat yang terlalu dalam maka pertumbuhan pada tanaman akan terhambat karena lubang yang di buat terlalu dalam.

Siram dengan air yang telah di campur anti cendawan

Penyiraman yang telah di campurkan anti cendawan bertujuan agar tanaman tidak mudah terserang oleh hama dan penyakit.

Air yang telah di campurkan anti cendawan ini di berikan ketika proses penanaman menggunakan biji selesai di lakukan. Penyiraman pada tahap awal hanya membutuhkan air yang sedikit. Tetapi jika sudah memasuki usia 3 minggu, maka penyiraman mulai di perbanyak..

Advertisement
Cara Melakukan Pembibitan Bunga Euphorbia | Penulis | 4.5