Cara Melakukan Pembibitan Buah Mengkudu

Cara melakukan pembibitan buah mengkudu-Penyiapan yang dilakukan untuk bibit buah mengkudu harus dilakukan dengan benar dan teliti, sehingga tanaman dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi siapapun. Untuk bibit buah mengkudu biasanya didapat dengan cara vegetatif ataupun dengan cara generatif.

Setelah penyiapan bibit buah mengkudu, jika ingin memperbanyak bibit buahnya, cukup memperbanyak dengan cara pencangkokan batang ataupun cabangnya. Bibit mengkudu yang berkualitas baik dan unggul dapat di jual di pasaran dengan harga yang lumayan tinggi.

Advertisement

Selain bibit, kita juga harus menyiapkan lahan yang akan di tanami buah mengkudu tersebut. Lahan yang perlu di siapkan umumnya berupa lubang, lubang yang di buat tidak mempunyai aturan yang khusus. Karena  lubang yang di terapkan tidak harus sama.Cara Melakukan Pembibitan Buah Mengkudu

Advertisement

Sebelum di lakukannya penanaman, pada saat tanah masih berlubang. Tanah tersebut harus di campuri dengan pupuk kompos sebanyak mungkin tanpa ada batasan apapun. Selanjutnya, jika sudah dilakukannya penanaman. Maka yang harus dilakukan selanjutnya ialah penyiraman. Penyiraman yang di lakukan harus benar dan sesuai aturan.

Penyiangan dan penggemburan tanah harus dilakukan setiap hari, agar tanaman tetap subur dan berkembang dengan baik. Penyiangan dan penggemburan biasanya dilakukan dengan cara manual. Jika dilakukan dengan mesin hasil nya pasti tidak memuaskan.

Selanjutnya adalah pengairan dan pemupukan. Pengairan harus dilakukan setiap hari, karena tanaman buah mengkudu ini sangat membutuhkan banyak air. Kita harus menjaga tanaman buah mengkudu agar tetap lembab, jika tanaman tetap dalam keadaan lembab maka akan memacu kesuburan tanaman tersebut.

Pemupukan yang dilakukan harus menggunakan pupuk kandang dan pupuk kompos, pemupukan tersebut harus dilakukan dengan perbandingan yang sama, perbandingannya tidak di tentukan seberapa banyak nya. Pupuk ini harus di berikan setiap 2 minggu sekali.

Tahap yang harus dilakukan terakhir ialah pemanenan. Pemanenan dapat dilakukan setiap 2 bulan sekali, pemanenan dapat dilakukan dengan cara memetik buah yang bagus saja.

Pada saat pemanenan, kita harus memperhatikan cara memanennya, jangan sampai kita salah mengambil langkah. Sehingga pemanenan yang selanjutnya tidak dapat dilakukan lagi.

Setelah pemanenan, tanaman mengkudu harus dilakukan pemangkasan. Agar pada saat pemanenan selanjutnya dapat menghasilkan sesuatu yang baru.

Advertisement
Cara Melakukan Pembibitan Buah Mengkudu | Penulis | 4.5