Cara Melakukan Pemangkasan Tanaman Hias-Buah

Jika anda baru pertama terjun menekuni berbagai jenis tanaman buah maupun tanaman hias,mungkin anda akan sedikit mengalami kebingungan saat ingin melakukan pemangkasan batang tersebut.cara melakukan pemangkasan tanaman hias-buah sebenarnya cukup mudah,jika kita sudah mengetahui teknik serta cara secara benar..

Pemangkasan dan pemeliharaan merupakan hal yang sangat penting dilakukan agar tanaman dapat hidup dengan baik dan berkualitas bagus. Pemangkasan dilakukan untuk membentuk suatu percabangan yang baru dan kuat. Sedangkan pemeliharaannya, seperti:Cara Melakukan Pemangkasan Tanaman Hias-Buah

Advertisement
  • Penyiraman
  • Pemupukan
  • Pemangkasan.

Tujuan dilakukannya pemangkasan dan pemeliharaan agar tanaman dapat hidup dan berkembang dengan sehat dan tidak terserang suatu hama dan penyakit. Pemangkasan dapat dilakukan hanya 4 bulan sekali, sedangkan pemeliharaan harus dilakukan setiap hari.

Pemangkasan harus dilakukan tepat di atas mata tunas, setelah cabang sekunder terbentuk, lalu hanya dilakukan pemangkasan pemeliharaan saja.

Penggantian media tanam dan pot

Advertisement

Penggantian penanaman pada media pot, itu hanya sebagai hiasan halaman rumah saja. Media tanam dalam pot tidak bisa tumbuh dengan luas karena akar sudah terjebak di dalam pot tersebut. Penggantian media tanam ke dalam pot, itu bukan hal yang biasa lagi. Sudah banyak orang melakukan media penanaman menggunakan pot atau polybag.

Jika tidak ingin menanam di dalam pot, tanaman bisa di pindahkan ke tanah, agar dapat berkembang dengan luas. Pemindahan penanaman dari pot ke tanah harus hati-hati, agar akar tidak terpotong dan membuat tanaman layu. Biasanya, cara pemindahan tanaman dari pot ke tanah yang luas itu hanya menggunakan air yang banyak, agar

proses pelepasan tanah dari pot menjadi sangat mudah. Jika tanah sudah lepas dari pot, harus segera dipindahkan ke tempat lain agar tidak terjadinya kekeringan.

Biasanya, jarang orang yang mau untuk mengganti pot lama dengan pot yang baru. Maka boleh di lakukan pengikisan sebagian tanah di bagian sisi samping dan bawah tanah. Selanjutnya, jika sudah selesai masukkan tanah ke dalam pot tersebut dengan cara menambah tanah yang akan di timbun dan di masukkan ke dalam pot. Setelah itu, tanah yang di timbun di dalam pot, boleh di campur menggunakan pupuk kandang.

Setelah itu, tanaman yang sudah di pindahkan tersebut, boleh di siram menggunakan air yang bersih. Tetapi penyiraman dilakukan dengan ukuran air yang sedikit. Karena pada saat pelepasan dari pot, tanaman tersebut sudah memakai banyak air.

Advertisement
Cara Melakukan Pemangkasan Tanaman Hias-Buah | Penulis | 4.5