Cara Isolasi Penyulingan Minyak Atsiri

Cara Isolasi Penyulingan Minyak Atsiri – Minyak atsiri yang terdapat di dalam tanaman jeruk purut ini telah banyak di gemari oleh semua kalangan masyarakat tanpa terkecuali. Karena minyak atsiri yang berasal dari tanaman jeruk purut ini memiliki aroma jeruk purut yang khas dan tidak membuat kepala menjadi sakit.

Tetapi pembuatan minyak atsiri pada tanaman jeruk purut ini tidak sepenuhnya di hasilkan dengan murni. Maka dari itu perlu di berikan bahan penambahan atau campuran di dalam minyak atsiri ini.

Advertisement

Bahan campuran yang akan di berikan untuk minyak atsiri ini sangat banyak, sehingga dapat mengubah aroma dari minyak atsiri tersebut.Cara Isolasi Penyulingan Minyak Atsiri

Cara Isolasi Penyulingan Minyak Atsiri

Jika kita tidak menginginkan bau aroma minyak atsiri tersebut berubah, maka kita harus pandai-pandai menyiasati minyak atsiri tersebut. Minyak atsiri yang di hasilkan dari tanaman jeruk purut ini harus dalam keadaan keadaan yang steril dan tentunya tidak membahayakan untuk kesehatan manusia.

Metode penyulingan

Ada banyak cara yang di lakukan dalam metode penyulingan minyak atsiri ini. Seperti yang banyak di lakukan oleh kebanyakan orang yaitu dengan melakukan penyulingan menggunakan air. Melakukan penyulingan menggunakan uap air ini merupakan suatu cara yang sangat mudah di lakukan.

Bahan-bahan yang di gunakan untuk pembuatan minyak atsiri ini harus di panaskan dengan menggunakan  ketel uap yang berisi air dan bahan-bahan yang akan di gunakan. Uap yang di hasilkan tersebut bisa langsung di alirkan dengan menggunakan pipa air.

Advertisement

Uap air ini biasanya akan menghasilkan minyak, kemudian air dan minyak tersebut bisa langsung di suling. Uap air yang di hasilkan nantinya akan keluar melalui lubang pipa yang ada pada ketel uap tersebut. Pastikan ketel uap yang di gunakan tersebut dalam keadaan steril dan bersih.

Kerusakan pada minyak atsiri

Tidak semua cara dapat di lakukan dengan mulus, pasti ada yang namanya kegagalan. Kerusakan pada minyak atsiri yang di buat ini merupakan suatu hal yang sudah biasa terjadi. Tetapi walaupun ini merupakan sesuatu kejadian yang sudah sering terjadi, sebaiknya kita juga perlu memperhatikannya agar tidak jadi kesalahan yang berkelanjutan.

Biasanya kerusakan yang terjadi ini seperti, perubahan pada warna minyak atsiri, serta bau dari minyak atsiri ini juga berubah menjadi bau tidak sedap.

Jika minyak atsiri sudah berubah menjadi rusak seperti itu, maka minyak atsiri yang rusak harus di buang dan sebaiknya kita harus mengulang proses pembuatan minyak atsiri dari awal.

Biasanya yang dapat menyebabkan minyak atsiri ini berubah menjadi rusak yaitu, proses oksidasi, proses hidrolisa dan juga proses penyabunan. Jika kandungan asam yang ada di dalam minyak atsiri tersebut terlalu banyak, maka itu juga akan merusak minyak atsiri yang telah di suling.

Baca Juga: Kandungan Minyak Atsiri Dari Jeruk Purut

Sejauh ini kerusakan yang terjadi pada minyak atsiri ini belum ada solusinya.demikian sedikit tulisan mengenai Cara Isolasi Penyulingan Minyak Atsiri semoga bisa berguna..salam..

Advertisement
Cara Isolasi Penyulingan Minyak Atsiri | Penulis | 4.5