Cara Budidaya Menanam Tomat Pot Polybag

Cara Budidaya Menanam Tomat Pot Polybag – Tanaman tomat tentu tidak asing lagi di telinga kita. Tomat adalah sejenis sayuran yang begitu banyak manfaatnya yang kita bisa rasakan. Selain untuk sayuran, tomat juga bisa dibuat jus, saus, dan juga sebagai buah yang segar.

Dengan demikian, tomat merupakan salah satu komoditas sayuran yang harus dikembangkan. Tanaman tomat juga sangat mudah tumbuh, bisa didataran rendah maupun dataran tinggi.

Advertisement

Sebaiknya tanaman tomat ditanam di tanah yang subur, gembur, dan banyak mengandung humus. Dan juga harus cukup terkena sinar matahari.

Buah tomat jika masih muda berwarna hijau, dan jika semakin tua maka akan berubah warna menjadi merah. Buah tomat kaya akan vitamin, yaitu vitamin A dan C.Cara Budidaya Menanam Tomat Pot Polybag

Menyiapkan benih Tomat Unggul

Biasanya benih tomat dijual di toko-toko pertanian, namun jika ingin hasil yang lebih baik, dapat diambil dari biji buah tomat itu sendiri tetapi yang sudah masak.

Benih yang digunakan sebaiknya yang bersifat unggul dan bagus. Cara untuk mendapatkan benih tomat dari buah tomat yang sudah masak adalah:

  • Cari buah tomat yang sudah tua dan dalam keadaan sehat. Maksud sehat disini adalah buah tomat yang tidak busuk.
  • Keluarkan biji tomat dari buahnya
  • Cuci bersih dan sisakan bijinya.
  • kemudian jemur di bawah sinar matahari dalam waktu 3 hari.

Proses Persemaian Benih Tomat

Berikut tahap persemaian buah tomat :

  • Benih direndam dulu di dalam air hangat selama kurang lebih 1 jam.
  • Buatlah bedengan yang tanahnya sudah dicangkul sampai gembur.
  • Benih kemudian disebar secara merata diatas bedengan menggunakan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang yang sudah matang.
  • Berilah atap screen pada bedengan persemaian, agar terhindar dari serangan organisme perusak tanaman
  • Diamkan dulu lahannya selama kurang lebih seminggu
  • Setelah tanaman sudah berumur seminggu, barulah pindahkan kedalam pot plastik dengan menggunakan media yang sama, yaitu tanah dicampur dengan pupuk kandang.
  • Usahakan penyiraman dilakukan setiap hari. Tetapi jika musim hujan, sebaiknya jangan terlalu sering disiram.Cara Budidaya Menanam Tomat Pot Polybag

Proses Pembibitan Tomat secara benar

Pada tanaman tomat, bibit tomat yang sudah berumur seminggu dapat langsung dipindahkan ke polybag plastik. Medianya yaitu berupa tanah dengan campuran pupuk kandang. Media tanam dapat diisi ke dalam polybag , dan kemudian bibit dimasukkan ke dalam polybag sebanyak satu tanaman saja.

Apabila sudah mulai tumbuh gulma, maka sebaiknya langsung disiangi . Lakukan penyiraman setiap hari, pagi dan sore hari. jika kira-kira tanaman sudah berumur 1 bulan, bibit dapat langsung dipindahkan ke lahan penanaman.

Media tanam Tomat Pot Polybag

Dalam pembudidayaan tomat ini terbilang sangat praktis, kenapa sangat praktis? dikarenakan menanam tomat dapat dilakukan di lahan perkebunan, pekarangan, bahkan di halaman rumah.

Tanaman tomat ini merupakan tanaman yang sangat memerlukan banyak air di awal masa-masa pertumbuhannya. Maka dari itu, sangat disarankan agar menanam tomat dilakukan pada saat menjelang musim penghujan, dalam tanda kutip bukan saat hujan deras.Baca juga Cara Menanam Budidaya Kentang Pot Polybag

Tetapi jika tanaman sudah memasuki pertumbuhan generatif, yaitu ketika tanaman sudah mulai berbunga, maka kebutuhan akan airnya sudah berkurang.Cara Budidaya Menanam Tomat Pot Polybag

Dalam budidaya tomat, lahan perlu diolah terlebih dahulu, berikut adalah proses pengolahan lahan tomat:

  • Cangkullah tanah hingga gembur
  • Buatlah bedengan yang sesuai dengan luas lahan. Disekitar bedengan sebaiknya dibuat parit kecil.
  • Setelah semua tanah sudah dicangkul dan dibuat bedengan, barulah proses penaburan pupuk kandang dilakukan. Setelah selesai semua diamkan lahan selama kurang lebih 1 minggu.
  • Kemudian buatlah lubang tanam dengan kedalaman lubang yaitu 6-7 cm.
  • Lalu masukkan bibit tomat yang sudah dipersiapkan ke dalam lubang tanam, dan kemudian tutup lubang tanam tadi dengan tanah.

Pemeliharaan tomat harian supaya subur

Adapun proses pemeliharaan budidaya tomat dapat dilakukan sebagai berikut:

Advertisement
  1. Penyiraman. Apabila semua bibit sudah dipindahkan ke lahan penanaman, pada waktu sore harinya harus langsung dilakukan proses penyiraman supaya bibit tidak layu. Dan untuk penyiraman selanjutnya sebaiknya dilakukan sebanyak 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore.
  2. Pengendalian/penyiangan gulma. Penyiangan terhadap gulma dapat dilakukan apabila sudah tumbuh gulma di sekitar area tanaman. Proses penyiangan ini dapat dilakukan dengan mencabuti semua gulma yang ada.
  3. Pemasangan ajir. Ajir ini dapat dibuat menggunakan potongan bambu dengan tinggi sekitar 1-2 m. Pada setiap tanaman diberi satu ajir.

Pupuk terbaik Untuk tomat

Proses pemupukan selama budidaya tomat dapat dilakukan sebanyak 2 kali. Yaitu seminggu setelah tanam dan pada saat tanaman tomat sudah mulai berbunga.Cara Budidaya Menanam Tomat Pot Polybag

Pemupukan yang pertama dapat menggunakan urea, TSP, dan KCI. Pada saat pemupukan yang kedua, menggunakan pupuk urea, dan KCI.

Cara memberikan pupuk ini pun terbilang sangat mudah, yaitu dengan membuat lubang di sekeliling tanaman lalu pupuk dimasukkan dan langsung ditutup dengan tanah.Baca Juga Cara Budidaya Menanam Terong Pot Polybag

Pengendalian Organisme Hama penyakit Tomat

Banyak sekali organisme yang sering mengganggu tanaman tomat ini, diantaranya:

  • Ulat tanah. Biasanya ulat tanah ini selalu bersembunyi di dalam tanah. Biasanya ulat tanah ini selalu menyerang tanaman yang masih muda. Untuk mengatasinya adalah dengan menyemprotkan pestisida.Cara Budidaya Menanam Tomat Pot Polybag
  • Penyakit layu tanaman. Penyakit yang satu ini disebabkan oleh jamur ataupun bakteri. Ciri-ciri tanaman yang terserang penyakit ini adalah daun-daun yang masih muda menjadi layu, dan daun-daun tuanya menjadi kering. Dan akhirnya tanaman pun akan langsung mati. Sampai saat ini belum ada solusinya untuk mengatasi penyakit layu tanaman ini. Cara yang bisa dilakukan adalah jika tanaman yang sudah terserang, maka tanaman tersebut harus langsung dicabut dan dibakar, agar tidak menular ke tanaman yang lainnya.
  • Ulat buah. Biasanya ulat buah ini selalu menyerang tomat yang masih muda dengan caranya yaitu membuat lubang-lubang pada buah tomat. Gejala nya akan terlihat jika tanaman sudah berbuah besar yaitu buah sangat mudah membusuk. Untuk mengatasi ulat buah ini adalah dengan menyemprotkan pestisida.
  • Penyakit cacar daun. Apabila tanaman tomat sudah terserang penyakit cacar daun, maka gejala yang ditimbulkan adalah daun mulai ada bercak-bercak cokelat tua berbentuk bulat, dan kemudian daun akan mulai gugur. Cara mengatasi penyakit cacar daun ini adalah dengan menyemprotkan pestisida.Baca juga Cara Menanam Cabai Rawit Dalam Pot Polybag

Panen dan Pascapanen Tomat

Panen pertama tanaman tomat biasanya pada umur 3 bulan, tergantung varietas tanaman nya. Agar tidak ragu dalam saat memanen sebaiknya perhatikan ciri-ciri buah tomat yang siap untuk dipanen.

Warna tomat sudah berubabah warna, yaitu dari hijau menjadi merah. Serta pada bagian tepi daun tua dan mengering dan batang sudah mulai menguning.Cara Budidaya Menanam Tomat Pot Polybag

Biasanya buah tomat dipanen sesuai dengan pesanan konsumen. Tidak semua konsumen membutuhkan tomat berwarna merah, ada kalanya konsumen juga menginginkan tomat yang berwarna hijau. Biasanya para konsumen menggunakan tomat hijau untuk membuat pepes dan bothok.

Berikut adalah cara memanen buah tomat:

  • Petiklah buah tomat secara hati-hati agar tidak menimbulkan luka pada buah tomat
  • Kumpulkan semua buah tomat yang sudah dipetik
  • Kemudian buah tomat dipilah-pilah sesuai dengan besar kecilnya buah tomat.
  • Pada maing-masing kelompok dimasukkan ke dalam wadah tersendiri. Sebaiknya masukkan ke dalam keranjang yang ada lubang ventilasinya.
  • Jika ingin buah tomat bertahan lama, maka simpanlah buah tomat pada ruangan dingin dan dapat tahan selama lebih kurang 2 minggu.

Demikian sedikit ulasan tentang cara budidaya menanam tomat pot polybag dan di lahan terbuka,semoga bisa berguna dan bisa bermanfaat..Simak tulisan terkait Cara Budidaya Menanam Tomat Pot Polybag

Advertisement
Cara Budidaya Menanam Tomat Pot Polybag | Penulis | 4.5