Cara BudiDaya Bawang Merah Pot Rumahan Pemula

Cara BudiDaya Bawang Merah Pot Rumahan Pemula – Bawang merah hanya dapat hidup di dataran rendah. Tanaman bawang merah ini banyak sekali varietasnya antara lain Keling, Medan, Bima dan Brebes. Biasanya bawang merah ini sangat dibutuhkan oleh para ibu rumah tangga yaitu sebagai penyedap masakan.

Proses Persiapan Pembibitan Bawang Merah

Advertisement

Persiapan bibit merupakan langkah awal yang dilakukan pada saat membudidayakan tanaman bawang merah. Bibit bawang merah ini hanya dapat dibuat sendiri yaitu diambil dari tanaman induk yang sehat dan tidak terserang hama dan penyakit, tetapi jika ingin lebih praktis, bibit bawang merah juga dapat kita beli pada penyedia bibit/toko pertanian. Berikut adalah ciri-ciri untuk mendapatkan bibit bawang merah unggul:Baca juga Cara Menanam Wortel Pot Polybag Rumahan

  • Umbi harus seragam, maksudnya umbi harus berukuran kira-kira 1,5 cm x 2,5 cm per siung.
  • Umur indukan untuk bibit adalah tanaman yang saat dipanen berumur 3,5 bulan.
  • Sebaiknya umbi yang akan kita jadikan bibit berkualitas baik dan tidak dalam keadaan rusak/busuk.
  • Bibit harus dalam keadaan sehat, dan tidak terserang hama dan penyakit. Apabila ada umbi yang membusuk, sebaiknya langsung dibuang dan jangan dijadikan bibit.

Cara BudiDaya Bawang Merah Pot Rumahan Pemula

Proses Pengolahan Tanah untuk tanaman bawang merah

Tanaman bawang merah ini sangat membutuhkan tanah yang gembur, maka dari itu, sebelum proses penanaman dilakukan, sebaiknya tanah dicangkul hingga gembur terlebih dahulu yaitu sekitar 20-25 cm. Setelah tanah dicangkul hingga gembur, lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang. Seperti biasanya, pupuk kandang dicampur rata dengan tanah yang sudah dicangkul tadi.

Proses Penanaman bawang merah pot lahan terbuka

Waktu yang sangat baik dalam menanam bawang merah ini adalah saat musim kemarau. Walaupun musim kemarau, kebutuhan akan air harus tercukupi. Bibit yang sudah disiapkan langsung dimasukkan ke dalam lubang yang sudah dicangkul tadi dengan menggunakan gerakan seperti memutar sekrup.

Sebaiknya pengolahan tanah untuk bawang merah ini dengan pencangkulan yang dalam, kenapa jika tidak dalam? Jika tidak dalam dapat menyebabkan tanaman mudah sekali rebah.simak juga Mengoptimalkan Lahan Sempit Untuk Bertanam Sayur Rumahan

Advertisement

Cara BudiDaya Bawang Merah Pot Rumahan Pemula

Proses Pemeliharaan bawang merah harian

  1. Penyiraman. Bibit yang sudah ditanam, harus disiram dengan alat penyiram yang temberatnya halus. Kemudian siram bibit hanya satu kali sehari sampai daun yang pertama mulai tumbuh. Dalam hal ini, tanah yang digunakan dalam proses pembibitan tidak boleh terlalu basah, maka dari itu penyiraman hanya dilakukan sekali dalam sehari.
  2. Pemupukan. Selain menggunakan pupuk kandang sebagai pupuk dasar, tanaman bawang merah juga sangat membutuhkan pupuk anorganik seperti SP-36, Urea, dan KCl. Pupuk anorganik sebaiknya diberikan sebanyak 2 kali . Untuk pemupukan yang pertama, gunakan SP-36, sedangkan untuk pemupukan yang kedua, gunakan urea dan KCl.
  3. Hama dan penyakit. Tanaman bawang merah sangat rentan oleh hama dan penyakit. salah satunya adalah hama bodas. Hama bodas ini biasanya menyerang bagian daun pada tanaman. Pada bagian daun yang terkena hama biasanya akan timbul bintik-bintik putih. Selain hama bodas, ulat daun juga sering menyerang tanaman bawang merah. Sama halnya dengan hama bodas, ulat ini biasanya menyerang bagian daun. Kalau sudah diserang ulat daun, maka bagian ujung dari tanaman akan terkulai dan terpotong.

Panen dan Pascapanen bawang merah budidaya

Cara BudiDaya Bawang Merah Pot Rumahan Pemula

Dalam proses pemanenan bawang merah, biasanya dapat dipanen jika tanaman sudah berumur 2-3 bulan. Berikut adalah ciri-ciri tanaman yang siap untuk dipanen:

  • Daun akan berwarna hijau kekuningan
  • Tangkai batangnya akan mengeras

Memanen bawang merah sangat mudah sekali, cukup dengan mencabut semua bagian tanaman dengan menggunakan tangan. Bawang merah yang sudah dicabut tadi kemudian diikat menjadi satu pada bagian daunnya.

Kemudian barulah dijemur dan dipisahkan antara daun dan umbinya. Setelah itu bawang merah langsung dikemas/disimpan dalam peti kayu yang ada ventilasinya agar bawang merah tidak mudah busuk.demikian sedikit tulisan mengenai Cara BudiDaya Bawang Merah Pot Rumahan Pemula semoga bisa membantu dan berguna.tulisan terkait Proses Pembenihan Tanaman Daun Bawang

Advertisement
Cara BudiDaya Bawang Merah Pot Rumahan Pemula | penulis penulis | 4.5