Bibit Tanaman Buah Melon Berkualitas Unggul

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghasilkan bibit tanaman buah melon,yaitu dengan cara melalui benih dan melalui kecambah.Bibit tanaman buah melon berkualitas unggul bisa kita dapatkan asalkan benar cara kita dalam mengolah dan memilih induk untuk di jadikan bibit yang bagus mampu menghasilkan buah lebat serta manis.

Sebelum dilakukan penanaman buah melon, sangatlah penting untuk mempersiapkan bibit yang unggul agar proses produksi dapat berjalan dengan baik.

Advertisement

Dalam segala proses penanaman buah, bibit sangat perlu diperhatikan keunggulannya, karena kualitas bibit sangat berpengaruh pada kualitas buah yang akan ditanam.

dalam menghasilkan kualitas melon yang unggul, dapat  mempersiapkan bibit yang unggul sebagai jaminan bahwa produksi penanaman dapat berjalan dengan lancar.Bibit Tanaman Buah Melon Berkualitas Unggul

Penyemaian benih melon

Penyemaian benih dapat dilakukan secara  merata, seperti:

Advertisement
  • Benih ditaburkan dengan cara menggunakan  plastik putih dengan ukuran 8 cm x 12 cm.
  • Biasanya benih ditaburkan harus di sertai dengan pupuk organik d engan perbandingan 1:1.
  • Jika ingin menanamnya harus menggunakan lubang dengan kedalaman 5 cm, semakin dalam benih di tanam semakin bagus pula akar yang ada didalam pada tanaman tersebut.

Pada tahap penyemaian inilah yang sangat perlu diperhatikan agar tanaman tersebut tidak mengalami kematian ketika masih menjadi bibit.

Cara agar penyemaian benih ini dapat tumbuh dengan bagus hanya dengan cara menjaga kelembapan benih di dalam plastik saja.

Penyemaian ini sangat rentan terhadap cuaca apapun, sehingga tidak di bolehkan jika terkena sinar matahari secara langsung. Maka dari itu, para petani harus membuatkan sungkup seperti tenda yang terbuat dari kayu agar tidak terkena sinar matahari tersebut.

Jika benih telah berubah  menjadi bibit, baru boleh di pindah kan ketika berumur dua minggu. Hanya bibit yang terpilih saja yang dapat dipindahkan ke tempat lain. Jika ada yang tidak bagus biasanya hanya di buang.

Kecambah Bibit melon

Pengecambahan benih dilakukan dengan cara benih di rendamkan ke dalam air panas yang baru saja mendidih dengan di campurkan cairan pupuk organik sesuai takaran yang berlaku.

Benih ini direndam selama 6-8 jam, agar mendapatkan hasil yang baik memang harus dilakukan perendaman dengan waktu yang lama.

Setelah di rendam, benih tersebut di jemur. Tetapi penjemuran dilakukan dengan cara tidak mengenakena benih dengan sinar matahari secara langsung.  Penjemuran ini dilakukan selama kurang lebih 4 hari agar pengecambahan berhasil dilakukan dengan sempurna.

Advertisement
Bibit Tanaman Buah Melon Berkualitas Unggul | Penulis | 4.5