Berbagai Cara Menghasilkan Bibit Buah Mangga

Salah satu cara yang bisa untuk menghasilkan bibit buah mangga yaitu dengan cara melalu biji.Bibit buah mangga generatif banyak sekali mempunyai kelebihan pada akarnya yang kuat, akan tetapi,kekurangan dari jenis bibit ini,ia akan cenderung lebih lama dalam menghasilkan buah,tak seperti bibit cangkok atau sambung.di bawah ini berbagai cara menghasilkan bibit buah mangga yang bisa anda lakukan di rumah.

Bibit generatif dapat bertahan bila terjadi musim kemarau karena bibit generatif memiliki perakaran yang kuat, biasanya perbanyakan dari generatif ini membutuhkan waktu 5-9 tahun untuk bisa berbuah.Berbagai Cara Menghasilkan Bibit Buah Mangga

Advertisement

Cangkokan

Apakah anda tau apa yang dimaksud dengan cangkok? cangkok ini bermaksud untuk memperbanyak tanaman mangga, biasanya pencangkokan dilakukan pada cabang batang tanaman mangga, pencangkokan harus dilakukan pada batang tanaman mangga yang sudah tua,

karena jika batang yang masih muda dilakukan pencangkokan, maka tidak membuahkan hasil yang diinginkan, bisa jadi batang yang masih muda tersebut akan mati. Pencangkokan ini biasanya dibutuhkan waktu selama 3-5 bulan untuk menunggu batang yang telah dicangkok mengeluarkan akar.

Advertisement

Enten

Sementara itu, perbanyakan juga dapat dilakukan dengan enten, enten dilakukan bertujuan untuk menyambungkan batang satu dengan jenis batang mangga yang lain, dengan menggunakan tali pelastik atau sejenisnya.

Tujuan dilakukan enten untuk menggabungkan batang mangga melalui batang dengan bagian bawah, supaya tanaman tersebut memiliki akar, batang yang kuat dan kokoh, sehingga berbuah sangat cepat.

Jika cara ini berhasil pasti akan mendapatkan banyak keuntungan, karena cara enten ini cara yang sangat mudah dilakukan

Okulasi

Yang disebut dengan okulasi yaitu penempelan pada batang menggunakan mata tunas, penempelan ini dilakukan agar buah yang tadinya masam menjadi manis setelah di tempel.

Okulasi biasanya ditutup menggunakan plastik dan diikat dengan tali pelastik juga, okulasi bisa dibuka dalam jangka waktu 4 minggu, okulasi ini bisa dilihat dengan sangat mudah, hanya dengan melihat daun mangga tersebut, apabila daunnya layu, maka hasilnya tidak

jadi atau gagal. Dan bila daunnya segar dan tidak layu maka berhasil.Perbanyakan dengan cara menempel ini menggunakan tunas dengan bibit tanaman mangga yang lainnya, batang nya bisa kita dapat kan dengan cara generatif.

Jangan lupa menyiramnya setiap pagi dan sore agar hasilnya sesuai keinginan.

Advertisement
Berbagai Cara Menghasilkan Bibit Buah Mangga | Penulis | 4.5