Beberapa Cara Melakukan Pembibitan Aglaonema

Beberapa cara melakukan pembibitan aglaonema-Untuk melakukan perbanyakan pada tanaman aglaonema, kita harus benar-benar menguasai teknik perbanyakan tanaman aglaonema. Teknik perbanyakan yang dilakukan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Untuk melakukan perbanyakan pada tanaman ini tidak boleh di lakukan dengan sembarangan, karena tanaman ini sangat sensitif. Hanya teknik yang terbaik yang bisa memperbanyak aglaonema tanpa ada cacat sedikit pun.

Advertisement

Biasanya, teknik yang dilakukan untuk melakukan perbanyakan tanaman aglaonema yaitu setek dan cangkok. Jika perbanyakan dilakukan dengan cara setek dan cangkok maka hasil tanaman kemungkinan tidak akan jauh berbeda dengan induk aslinya.Beberapa Cara Melakukan Pembibitan Aglaonema

Perbanyakan dengan biji

Perbanyakan tanaman aglaonema dengan biji, sekarang sudah banyak dilakukan oleh para petani aglaonema. Perbanyakan dengan menggunakan biji di sebut-sebut sangat mudah dilakukan penanamannya.

Advertisement

Maka dari itu kebanyakan dari petani aglaonema sudah banyak melakukan perbanyakan dengan menggunakan biji.

Tetapi, jika tanaman di perbanyak dengan menggunakan biji, tanaman aglaonema tersebut tidak akan menghasilkan bentuk yang sama dengan induk asli nya.

Karena perbanyakan menggunakan biji serbuk sari pada putik. Saat serbuk sari akan menempel ke tanaman, ternyata serbuk sari tersebut tidak menempel pada tanaman.

Dikarenakan angin yang kencang, sehingga serbuk sari jatuh ke tanah. Maka dari itu lah proses melalui biji ini tidak sama dengan induk aslinya.

penyerbukan ini biasanya dilakukan dengan tangan manusia. Karena tanaman tidak bisa melakukan penyerbukan dengan sendiri.

Biasanya, jika perbanyak dengan cara biji ini berhasil dilakukan biji akan muncul di bagian sela-sela daun.

Biji tanaman ini berbentuk bulat kecil bergerombolan di sela-sela daun aglaonema. Setelah biji tersebut masak barulah biji-biji tersebut bisa diambil.

Biji yang akan disemai sebaiknya di jemur terlebih dahulu agar lebih menghasilkan kualitas tanaman yang bagus.

Tanam biji tersebut di pot tanaman atau polybag, pada awal dilakukan penanaman pada biji, lakukan penyiraman secara teratur agar tanaman cepat tumbuh hingga mengeluarkan cabang.

Setelah biji yang di tanam berubah menjadi tanaman aglaonema yang besar. Barulah tanaman siap di pindah kan ke pot-pot tanaman yang besar. Dan pada saat itu juga penyiraman pada tanaman aglaonema mulai dikurangi.

Advertisement
Beberapa Cara Melakukan Pembibitan Aglaonema | Penulis | 4.5