Akibat Tanaman Buah Kekurangan Zat kalium

Banyak kendala serta faktor yang harus terpenuhi oleh berbagai jenis tanaman buah.antara lain yang berupa zat kalium.akibat tanaman buah kekurangan zat kalium bsa mengakibatkan buah dari tanaman tersebut kerdil,tidak normal serta akan lebih cepat membusuk sebelum buah tersebut tua.

Pada dasarnya, semua  jenis tanaman yang kekurangan kalium memiliki daya tahan yang sangat buruk terhadap segala jenis penyakit dan serangan hama yang mematikan. Jika tanaman melon sampai kekurangan kalium, maka buah yang dihasilkan tidak akan bagus dan buahnya tidak manis.Akibat Tanaman Buah Kekurangan Zat kalium

Advertisement

Buah melon yang kekurangan kalium biasanya mengalami perubahan pada daun, dimana ujung daunnya akan berubah menjadi warna kuning kecoklatan dan akan mudah sekali robek pada daun tersebut.

Hal-hal yang dapat kita lakukan bagaimana untuk mengatasi tanaman kekurangan kalium   :

  • Lakukan penyemprotan. Dimana penyemprotan dilakukan menggunakan pupuk daun. Kenapa harus menggunakan pupuk daun? dikarenakan pupuk daun mempunyai unsur kalium yang cukup tinggi, jadi sangat berguna untuk penanganan agar tanaman melon tidak kekurangan kalium.
  • Takaran pemupukan. Takaran/komposisi pupuk harus sesuai prosedur yang sudah ada. Jika kebanyakan pupuk maka tanaman akan mudah mati, begitu juga sebaliknya jika komposisi pupuk terlalu sedikit maka tanaman pun akan mudah rusak.
  • Penambahan pupuk susulan. Langkah ini dilakukan jika pemupukan mengalami kekurangan. Jika membutuhkan pupuk kembali, maka sebaiknya dilakukan penambahan pupuk yang sesuai dengan prosedur.

Kekurangan magnesium

Advertisement

Jika tanaman kekurangan magnesium akan mengakibatkan tulang dari tanaman tersebut menjadi rapuh dan dapat mengalami gagal panen akibat dari tulang daun menjadi keropos. Tulang dan batangnya tetap berwarna hijau tetapi tidak nampak kalau tulangnya telah mengalami pengeroposan.

Tetapi cuma tulang batangnya saja yang berwarna hijau,  daun, buah dan lainnya berubah warna menjadi kecokelatan semua.

Cara mengatasinya hanya dengan cara penyemprotan menggunakan pupuk dan di campur dengan air. Penyemprotan dilakukan minimal 2 kali dalam sehari, agar tidak menjadi pengroposan yang berlebihan.

Kelainan lainnya

Kelainan yang terjadi pada tanaman banyak sekali, seperti serangan hama, bakteri, penyakit, dan lainnya. Cara penanggulangan tanaman agar tidak mengalami kelainan seperti itu, kita harus mengatur jarak antara tanaman satu dengan yang lainnya.

Lakukan penyemprotan dan pemupukan yang teratur agar tanaman tidak mengalami gagal panen.

Jika tanaman tidak mengalami penyerbukan, para petani harus memberikan penyerbukan secara buatan, agar tanaman tidak mengalami kelaianan pada tanaman tersebut.

Advertisement
Akibat Tanaman Buah Kekurangan Zat kalium | Penulis | 4.5