Agar Tanaman kelengkeng Pot Berbuah Lebat

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat agar tanaman kelengkeng pot berbuah lebat,selain menggunakan stres air pada tanaman,ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kelebatan buah kelengkeng yang kita tanam dalam pot.

Agar  kelengkeng berbuah dengan lebat itu hal yang tidak mudah, harus banyak hal-hal yang mesti dilalui. Hal-hal yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:Agar Tanaman kelengkeng Pot Berbuah Lebat

Advertisement

Memangkas/memotong

Memangkas tanaman yang tekena penyakit, hama atau yang lainnya itu sangat di haruskan. Karena, Jika tidak dilakukan pemangkasan, penyakit yang berada pada tanaman tersebut bisa menular pada tanaman lainnya.Tujuan dilakukannya pemangkasan, agar tanaman menjadi rindang dan mudah mengambil buahnya.

Menyiram

Penyiraman sangat penting dilakukan, karena air merupakan sumber dari kehidupan. Apabila kekurangan air, tanaman akan mengalami kekeringan dan apabila penyiraman dilakukan secara berlebihan itu juga tidak bagus. Karena air yang menggenangi tanaman, akan membuat tanaman menjadi layu.

Advertisement

Penyiraman yang bagus dilakukan biasanya dua kali dalam satu hari, yaitu pada pagi dan sore hari. Disaat kita menyiram, kita harus memperhatikan kondisi air yang keluar dari bawah pot. Jika tidak kita perhatikan air tersebut biasanya tidak keluar dan akan menggenang di dalam pot tersebut. Sehingga tanaman akan lembab dan mudah terserang hama dan penyakit.

Pupuk

Penggunaan pupuk pada tanaman harus sesuai dengan dosis anjuran. Pupuk yang bagus digunakan untuk kesuburan tanaman kelengkeng, biasanya menggunakan pupuk kandang. Karena pupuk kandang merupakan pupuk yang alami, karena berasal dari kotoran hewan.

Pemberian pupuk kandang biasanya di lakukan sekitar dua minggu sekali, agar mendapatkan hasil yang bagus dan berkualitas unggulan.

Disarankan untuk tidak memakai pupuk yang berbahan kimia apapun, karena bisa membuat tanaman menjadi rusak.

Ganti media

Setelah melalui masa tanam yang panjang. Tanaman kelengkeng harus melakukan ganti media agar tanah yang se dang ditanam tidak keras, penggantian ini biasanya dilakukan sekitar enam bulan sekali. Jika tidak ingin melakukan ganti media, kita juga bisa melakukannya dengan cara memberikan pupuk pada tanah tersebut.

Cangkok

Pencangkokan perlu juga dilakukan, Pencangkokan dilakukan bertujuan untuk membuat rasa buah yang dihasilkan akan manis, Jika ingin melakukan pencangkokan pada tanaman kelengkeng ini, kita harus memangkas pohon terlebih dahulu, agar memudahkan kita untuk melakukan pencangkokan.

Advertisement
Agar Tanaman kelengkeng Pot Berbuah Lebat | Penulis | 4.5