6 Penyakit Pada Jagung Manis Paling Berbahaya

6 Penyakit Pada Jagung Manis Paling Berbahaya – Bukan hanya hama saja yang dapat membuat tanaman jagung manis menjadi rusak dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Ternyata penyakit yang menyerang tanaman jagung manis ini juga dapat menyebabkan tanaman jagung manis menjadi tidak utuh lagi bahkan lebih parah dari serangan hama sebelumnya.

Tetapi penyakit pastinya tidak akan menyerang tanaman jagung manis apabila kita sebagai petani rajin melakukan perawatan pada tanaman tersebut. Kebersihan lingkungan tempat lokasi penanaman juga menjadi faktor yang paling utama penyebab serangan hama dan juga penyakit.

Advertisement

6 Penyakit Pada Jagung Manis Paling Berbahaya

6 Penyakit Pada Jagung Manis Paling Berbahaya

Berikut ini merupakan beberapa jenis penyakit yang sering menyerang tanaman jagung manis. Untuk lebih jelas lagi, kita bisa langsung melihatnya di bawah ini :Tulisan terkait Khasiat Manfaat Tapak Liman Dan Sidaguri Untuk Pengobatan Herbal

  • Karat daun

Penyakit yang satu ini biasanya banyak di sebabkan oleh bakteri yang sangat senang berkembang apabila suhu di sekitar lingkungan tempat penanaman yang rendah. Penyakit ini dapat membuat bentuk daun dari tanaman jagung manis ini menjadi berkarat dan terlihat layu.

Untuk mencegah penyakit ini timbul lagi pada tanaman yang selanjutnya ialah dengan cara mengatur jarak tanam pada tanaman jagung manis tersebut, sehingga karat daun ini tidak mudah untuk menular pada tanaman yang lainnya.

  • Bakeri busuk batang

Selain dari itu penyakit yang lainnya yang di timbulkan dari bakteri ialah penyakit busuk batang. Penyakit busuk batang ini dapat menyerang apabila terjadinya banjir dan juga melakukan penyiraman secara berlebihan. Jika penyakit ini tidak segera di tangani, maka tanaman jagung manis dapat menyebabkan kematian.Wajib di baca Usaha Agribisnis Budidaya Durian Unggul Prospeknya Cerah

Advertisement
  • Penyakit bulai

Jenis penyakit yang satu ini merupakan suatu jenis penyakit pada tanaman jagung manis yang sangat berbahaya. Penyakit bulai ini biasanya dapat menular dengan sangat cepat pada tanaman lainnya dengan melalui angin.

Untuk melakukan pengendaliannya, kita dapat langsung menyemprotkan cairan fungisida pada tanaman yang terserang penyakit bulai tersebut.

  • Penyakit virus mosai kerdil jagung

Pada umumnya penyakit yang satu ini paling banyak menyerang tanaman jagung manis di sebabkan oleh virus yang bernama maize dwarf mosaik . Virus yang satu ini apabila sudah menyerang tanaman jagung manis, maka tanaman tersebut tidak akan dapat berkembang dengan normal alias kerdil.

Tetapi untuk jenis penyakit yang satu ini tidak dapat di kendalikan, untuk cara mengendalikannya hanya dengan membongkar seluruh tanaman yang kerdil dan menggantinya dengan tanaman yang baru.Simak juga Asal-Usul Tanaman Jagung Manis Serta Kandungan Gizinya

  • Penyakit gosong

Penyakit gosong ini biasanya dapat timbul karena di sebabkan oleh bakteri cendawan. Pada umumnya tanaman yang terserang penyakit tersebut memiliki bentuk yang terlihat gosong dan tidak layak untuk di perjual belikan, alias tidak menarik.

Agar penyakit gosong tidak mudah menyerang tanaman jagung manis, maka ada baiknya jika kita melakukan perawatan dan selalu rajin membersihkan lahan di sekitar lokasi tempat penanaman. Pembersihan ini di lakukan agar penyakit gosong tidak mudah menyerang tanaman jagung manis.

Inilah 6 Penyakit Pada Jagung Manis Paling Berbahaya semoga bermanfaat..Tulisan lain Umur Jagung Manis Siap Panen Di Pekarangan Rumah

Advertisement
6 Penyakit Pada Jagung Manis Paling Berbahaya | penulis penulis | 4.5