5 Jenis Penyakit Pada Tanaman Anggrek

5 Jenis Penyakit Pada Tanaman Anggrek – Bukan hama saja yang dapat menyebabkan tanaman menjadi rusak dan bahkan mati. Penyakit yang terjadi pada tanaman anggrek hias ini juga dapat mengakibatkan tanaman menjadi rusak dan bahkan berujung pada kematian. Biasanya penyakit pada tanaman ini dapat hadir karena sebab tertentu.

Faktor iklim dan faktor usia juga dapat membuat tanaman apa saja bisa terserang penyakit. Penyakit ini ada yang datang secara tiba-tiba dan juga ada yang datang secara bertahap.

Advertisement

Cendawan atau pun bakteri yang ada di sekitar tanaman, juga dapat membuat tanaman menjadi terserang penyakit yang berbahaya.5 Jenis Penyakit Pada Tanaman Anggrek

Berikut ini merupakan macam-macam penyakit yang sering terjadi pada tanaman hias anggrek. Jika ingin mengetahuinya lebih lanjut lagi, kita bisa langsung melihatnya di bawah ini :

5 Jenis Penyakit Pada Tanaman Anggrek

  • Penyakit layu

Jenis penyakit layu ini dapat menyebabkan tanaman anggrek mengalami kebusukan. Awal dari serangan penyakit layu ini ialah tanaman anggrek menjadi layu dan warna dari daun tanaman tersebut menjadi menguning. Jenis penyakit layu ini biasanya di sebabkan oleh bakteri fusarium.

Baca Juga: Hama Anggrek dan Cara Pengendaliannya

Tetapi tidak usah khawatir dengan jenis penyakit ini, karena jenis penyakit layu ini tidak terlalu berbahaya bagi tanaman anggrek. Tetapi bagian yang busuk akibat penyakit layu ini harus di hilangkan, agar pembusukan tidak terlalu meluas hingga ke bagian tanaman lainnya.

Advertisement
  • Penyakit busuk pucuk

Penyakit busuk pucuk ini merupakan jenis penyakit yang di sebabkan oleh virus cendawan. Akibat penyakit ini biasanya bagian pucuk pada tanaman anggrek ini akan mengalami kebusukan, sehingga tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik.

  • Penyakit buluk

Mungkin sebagian orang tidak mengetahui jenis penyakit buluk ini. Penyakit buluk ini dapat di sebabkan dari cendawan liar yang terbawa dari biji anggrek. Jenis penyakit buluk ini lah yang dapat menyebabkan biji tanaman anggrek mengalami persemaian.

Untuk penyakit buluk ini belum ada penawarnya, jadi jika tanaman anggrek terserang penyakit buluk, maka sebaiknya harus di buang.

  • Penyakit bercak hitam

Jenis penyakit bercak hitam ini biasanya banyak menyerang pada bagian batang dan daun pada tanaman anggrek. Bercak hitam ini, dapat di akibatkan oleh jamur yang hinggap pada tanaman anggrek tersebut. Tetapi tidak semua jenis tanaman anggrek yang bisa terserang penyakit bercak hitam ini.

Biasanya hanya tanaman anggrek yang masih muda aja yang terserang penyakit bercak hitam ini. Tanaman anggrek yang sudah dewasa biasanya sudah jarang terkena penyakit bercak hitam ini.

Satu-satunya cara yang tepat untuk mengatasi penyakit bercak hitam ini ialah memangkas tanaman yang terserang penyakit bercak hitam ini, pemangkasan bertujuan agar penyakit tersebut tidak menyebar luas pada tanaman lain.

  • Penyakit busuk akar

Jenis penyakit busuk akar ini merupakan jenis penyakit yang paling berbahaya di bandingkan dengan jenis penyakit lainnya. Karena jika akar sudah terserang penyakit, apalagi sampai busuk. Maka kemungkinan besar tanaman tersebut akan mengalami kematian.

Baca Juga: 5 Jenis Hama Paling Mematikan Pada Anggrek

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya sampaikan tentang 5 Jenis Penyakit Pada Tanaman Anggrek semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi sesama..

Advertisement
5 Jenis Penyakit Pada Tanaman Anggrek | Penulis | 4.5