3 Cara Pembibitan Tanaman Tabulampot

3 Cara Pembibitan Tanaman Tabulampot – Dalam melakukan perbanyakan pada tanaman, ada baiknya jika di lakukan dengan cara yang baik dan benar. Jika cara yang di lakukan dengan benar, maka akan membawa pengaruh besar terhadap tanaman tersebut nantinya. Bibit tanaman tersebut akan memberikan dampak yang baik terhadap proses pembuahan nantinya.

Untuk melakukan perbanyakan pada bibit tanaman, harus di lakukan di tempat yang terbuka dan bersuhu udara yang optimal.

Advertisement

Jika tidak, maka hasil yang terjadi pada akhirnya akan tidak bagus. Perbanyakan bibit tanaman dengan cara tertentu mungkin akan sangat membantu perkembangan tanaman buah.

Bukan itu saja, perbanyakan bibit tanaman dengan cara tertentu ini akan menambah keuntungan bagi seorang petani tanaman, khususnya pada petani tanaman buah.3 Cara Pembibitan Tanaman Tabulampot

3 Cara Pembibitan Tanaman Tabulampot

Perbanyakan ini dapat membuat tanaman buah menjadi lebih cepat berbuah, dan pembuahannya pun lebih banyak dari yang sebelumnya.

Jika ingin mengetahui, perbanyakan apa saja yang di maksud tersebut, kita bisa langsung melihatnya di bawah ini :

Penyusuan

Perbanyakan dengan cara ini mungkin terbilang cukup asing. Karena jenis perbanyakan dengan cara penyusuan ini jarang di lakukan oleh kebanyakan orang. Penyusuan ini biasanya di lakukan dengan menyambungkan batang tanaman pada bagian bawahnya.

Baca Juga: Pemilihan Bibit Tanam Hias Buah berkualitas

Advertisement

Jika kita tidak bisa melakukannya, sebaiknya jangan di lakukan. Karena malah bukan membuat tanaman menjadi semakin baik, bahkan jika terjadi sedikit saja kesalahan teknik, maka perbanyakan tanaman tersebut akan menjadi rusak dan bahkan tanaman dapat menjadi mati.

Mencangkok

Perbanyakan bibit tanaman dengan cara mencangkok ini merupakan hal yang sering di lakukan oleh orang banyak. Mereka melakukan pencangkokan ini di karenakan cara tekniknya sangat mudah di lakukan dan juga cepat di lakukan. Bukan itu saja, teknik pencangkokan ini pastinya tidak memakan biaya yang sangat banyak.

Jika kita melakukan perbanyakan dengan cara mencangkok ini, maka kita akan mendapatkan kualitas buah yang sama persis dengan tanaman induknya.

Tetapi walaupun cara ini terbilang sangat mudah di lakukan, kita juga tidak boleh melakukannya dengan sembarangan. Karena kegagalan sering terjadi akibat kesalahan terkecil si penanam.

Teknik perbanyakan dengan cara mencangkok ini sebenarnya sangat membutuhkan air yang sangat banyak. Jadi jika pada saat musim kemarau tiba, tanaman tersebut akan mengering dan akan mudah mati. Teknik pencangkokan ini biasanya dapat di lihat dari pembungkus pelastik dan sabut kelapanya.

Setek Batang

Bukan hanya itu saja, perbanyakan pada tanaman buah juga dapat di lakukan dengan cara setek. Cara perbanyakan dengan setek ini akan mewarisi sifat asli pada induknya. Teknik setek ini, sebaiknya harus di lakukan pada waktu pagi hari. Karena pada pagi hari lah tanaman dapat beraktifitas dengan baik.

Baca Juga: Pembibitan Tanaman Tabulampot Secara vegetatif

Jika kita ingin melakukan teknik pensetekan ini, sebaiknya jangan di lakukan pada saat musim penghujan. Karena dapat merusak teknik setek yang di buat tersebut.Sekian tulisan mengenai 3 Cara Pembibitan Tanaman Tabulampot semoga bisa berguna.

Advertisement
3 Cara Pembibitan Tanaman Tabulampot | Penulis | 4.5