2 Cara Pembibitan Buah Pepaya Unggul

2 Cara Pembibitan Buah pepaya Unggul – Sebelum melakukan penanaman, ada baiknya kita harus menentukan tentang bibit yang akan di gunakan nantinya. Bibit yang di pilih untuk penanaman ini harus berasal dari bibit yang berkualitas unggulan. Biasanya untuk jenis tanaman pepaya ini dapat di perbanyak dengan menggunakan biji dari buah pepaya itu sendiri

Pemilihan biji ini pun harus berasal dari buah pepaya yang memiliki kualitas unggulan. Untuk perbanyakan dengan menggunakan biji buah pepaya ini harus di lakukan setelah biji tersebut di jemur hingga mengering. Jika biji buah pepaya tersebut sudah mengering, baru lah kita dapat melakukan proses penyemaian.2 Cara Pembibitan Buah Semangka Unggul

Advertisement

2 Cara Pembibitan Buah pepaya Unggul

Untuk membuat benih untuk tanaman pepaya ini sangat lah mudah sekali. Seperti yang telah kita ketahui bahwa benih untuk tanaman pepaya ini bisa di dapatkan dengan menggunakan biji-biji dari dalam buah pepaya yang telah matang tersebut.

Sebaiknya jangan gunakan biji buah pepaya yang masih muda, karena biji buah pepaya yang masih muda tersebut tidak akan tumbuh menjadi benih tanaman pepaya. Sebelum menjemur biji buah pepaya tersebut sebaiknya cuci biji pepaya tersebut terlebih dahulu, agar getah yang masih menempel pada biji tersebut segera menghilang.

Jika kita menginginkan benih yang berkualitas bagus dan unggulan, sebaiknya kita jangan memilih biji dari buah yang berasal dari perkawinan buatan. Karena perkawinan buatan pada tanaman pepaya ini belum tentu mendatangkan hasil yang baik.

Advertisement

Jika menginginkan benih tanaman yang berkualitas bagus, maka kita harus memilih jenis buah pepaya yang berasal dari perkawinan alami.

Penyimpanan benih

Sebelum di lakukannya proses penyemaian, ada baiknya bila benih tanaman pepaya tersebut di simpan terlebih dahulu. Untuk melakukan penyimpanan benih tanaman pepaya ini harus di lakukan di tempat yang bersuhu dingin.

Jenis biji yang akan di simpan tersebut harus dalam keadaan yang bagus dan tentunya tidak rusak. Biji yang di pilih pun harus berasal dari buah pepaya yang sudah memasuki tingkat kematangan yang benar.

Penyiapan benih yang akan di semai

Agar dapat menghasilkan benih yang berkualitas baik, maka sebelum di lakukannya penyemaian benih. Ada baiknya jika kita melakukan perendaman pada benih tanaman pepaya tersebut. Perendaman ini biasanya di lakukan selama 2 hari penuh agar dapat menghasilkan kualitas benih yang baik.

Untuk perendaman benih tanaman pepaya ini, sebaiknya harus menggunakan air yang bersih dan bercampur dengan larutan fungisida. Setelah benih tanaman pepaya tersebut di rendam selama 2 hari penuh, lalu kita bisa langsung menyimpan benih tersebut di tempat yang kering.

Baca Juga: Kandungan Gizi Dan Vitamin Pada Pepaya

Jika benih tanaman pepaya tersebut sudah mengeluarkan kecambah, maka saat itu lah kita baru bisa melakukan penanamannya. Untuk tahap penanaman awal, sebaiknya harus di lakukan di dalam polybag, polybag yang di gunakan dalam penanaman benih yang telah berkecambah ini harus berukuran lebih besar.demikian 2 Cara Pembibitan Buah pepaya Unggul semoga bisa membantu dan berguna..salam..

Advertisement
2 Cara Pembibitan Buah Pepaya Unggul | penulis penulis | 4.5