2 Cara Pembibitan Anggur Dengan Mudah

2 Cara Pembibitan Anggur Dengan Mudah – Jika kita ingin melakukan pembelian bibit anggur, maka hal yang harus kita lakukan ialah melihat tempat penjualan bibit tersebut. Jika kita rasa tempat penjualan bibit tersebut sudah terpercaya, maka kita akan sangat mudah dalam melakukan pembelian bibit tanaman anggur tersebut.

Bibit yang berkualitas yang baik atau pun unggulan, pastinya akan memiliki sertifikat di Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa bibit yang memiliki sertifikat tentunya harga yang di tawarkan pun akan lebih mahal di bandingkan dengan jenis bibit tanaman yang tidak memiliki sertifikat.

Advertisement

2 Cara Pembibitan Anggur Dengan Mudah

2 Cara Pembibitan Anggur Dengan Mudah

Bibit tanaman anggur yang baik, biasanya tidak memiliki cacat sedikit pun. Jika bibit tanaman tersebut dalam keadaan cacat, maka sebaiknya kita tidak usah menerimanya.

Karena walaupun bibit tersebut tergolong bibit unggulan, tetapi dalam keadaan cacat, maka akan berdampak buruk terhadap penanaman nantinya.

Baca juga: Kasiat Buah Anggur Untuk Pengobatan Penyakit

Untuk melakukan pembelian bibit anggur yang berkualitas baik dan unggulan ini, jangan di lakukan di tempat yang tidak memiliki izin penjualan. Karena biasanya bibit yang ada di dalamnya tersebut bisa jadi bibit tanaman yang palsu atau tidak baik untuk di tanam.

Perbanyakan anggur secara vegetatif

Advertisement

Bibit tanaman anggur yang berasal dari perbanyakan secara vegetatif tersebut juga akan berdampak baik jika di lakukan untuk penanaman. Biasanya perbanyakan dengan cara vegetatif ini lebih baik di bandingkan dengan melakukan perbanyakan dengan cara yang lainnya.

Biasanya tanaman anggur yang di perbanyak dengan cara vegetatif ini dapat berbuah lebih banyak di bandingkan dengan perbanyakan dengan cara yang lainnya. Selain lebih banyak, tanaman anggur yang di perbanyak dengan cara vegetatif ini lebih cepat berbuah.

Membuat bibit dari setek

Selain mendapatkan bibit tanaman dari cara setek, ada juga cara perbanyakan dengan cara setek. Pensetekan ini juga cara yang baik dalam melakukan perbanyakan. Tetapi walaupun cara ini merupakan cara yang terbaik, orang-orang malah lebih banyak memilih cara perbanyakan dengan cara vegetatif.

Perbanyakan dengan cara setek ini memiliki waktu yang cukup lama dalam proses pembuahannya. Buah yang di hasilkannya pun tidak seperti buah anggur pada umumnya.

Tetapi rasa yang di hasilkan dari perbanyakan bibit dari setek ini memiliki rasa yang manis dan lebih gurih. Tetapi sayangnya tampilan buah anggur tersebut terlalu kecil tidak bisa besar lagi.

Seperti penanaman pada tanaman yang lainnya, jika bibit yang di hasilkan dari cara setek, maka tanaman tersebut harus rajin-rajin di pangkas, dan juga harus rajin di sirami. Jika tanaman anggur ini rajin di pangkas atau di siram, maka akan membantu proses perbanyakan pada tanaman anggur tersebut.

Baca juga: Memilih Bibit Tanaman Anggur Berkualitas Unggul

Pemangkasan yang di lakukan pun tidak boleh terlalu banyak, pemangkasan yang di lakukan cukup pada bagian pucuk daun tanaman anggur tersebut, tidak boleh lebih agar buah yang di hasilkan tidak terlalu jelek.sekian 2 Cara Pembibitan Anggur Dengan Mudah salam..

Advertisement
2 Cara Pembibitan Anggur Dengan Mudah | Penulis | 4.5